Resep Mudah Dan Sederhana Cara Membuat Gulai Lamak Manis Ikan Ekor kuning Enak

Mr Kuliner – Salam bahagia selalu untuk kita semua yang sedang beraktifitas dihari ini, untuk menemani kegiatan kita yang padat tidak ada salahnya kalau bunda melihat-lihat dulu aneka resep kuliner nusantara asli Indonesia. Kalau sebelumnya kita sudah memberikan tips memasak gulai ikan nikmat dan sedap yang mudah dan sederhana, untuk resep kali ini tidak kalah uenak juga lantaran kita akan memberikan resep mudah dan sederhana untuk memasak gulai lamak manis enak.

Bahan dan bumbu yang benar adalah salah satu kunci agar masakan kita menjadi luar biasa enak. Untuk itu sebelum memasak siapkan dulu bahan-bahannya seperti ikan kembung/ ikan ekor kuning/ ikan tengiri/ ikan kerapu, kunyit, belimbing sayur, cabai merah dan masih banyak lainnya. Selain itu bunda mesti siapkan juga bumbu yang nantinya mesti ditumbuk agar halus, yakni jahe cincang, kunyit, lengkuas, garam secukupnya aja.

Setelah semua bahan dan bumbu sudah lengkap anda bisa langsung memasak gulai lamak manis spesial, yang merupakan masakan asli daerah Sumatera. Masakan gulai lemak ini awalnya adalah menu masakan tradisional daerah terpencil di Sumatera, namun lama-kelamaan seiring bertambahnya waktu dan bumi berputar, yaitu saat ini gulai lemak manis sudah terkenal dari sabang sampai merauke. Tidak hanya wisatawan domestik saja yang menyukai kuliner nuasntara ini, tapi turis/ wisatawan mancanegara dari luar negeri juga menyukai masakan ini lantaran mempunyai citarasa yang ruarr biasaaa.

mrkuliner.blogspot.com - resep gulai lamak manis ikan ekor kuning,cara membuat gulai lamak manis,cara memasak gulai lemak manis,bahan gulai lamak manis,bumbu gulai lamak manis,masakan asli indonesia,menu masakan tradisional,resep masakan sederhana, gulai lamak manis enak,masakan khas sumatera, kuliner khas nusantara, gulai lamak manis nikmat, gulai lamak manis kuah santan, gulai lamak manis pedas

Bahan-bahan untuk memasak gulai lamak manis ikan ekor kuning:


  • 480 -  500 gram ikan ekor kuning (bisa pakai ikan kakap/tengiri/kerapu atau jenis ikan lainnya koq)
  • ½ sendok teh garam, yang sudah dihaluskan
  • 1 batang serai, yang sudah dimemarkan dulu
  • 1 iris asam gelugur/ asam kandis
  • 1 sendok teh kunyit cincang
  • 2 buah bunga kincung/kecombarang belah jadi 2 bagian
  • 4 buah cabai merah, diiris-iris serong tipis-tipis aja
  • 480 - 500 cc santan kelapa
  • 6 buah bawang merah, yang diiris tipis-tipis
  • 3 sendok makan minyak, yang dipakai untuk menumis
  • buah belimbing sayur, belah jadi 2 – 3 bagian

Bumbu yang harus dihaluskan:


  • 2 sendok teh jahe yang dicincang
  • garam secukupnya aja sesuai selera bunda
  • 2 sendok teh kunyit
  • 1 sendok makan lengkuas

Cara membuat gulai lamak manis ikan ekor kuning:


  1. Pertama-tama bunda bisa potong ikan yang yang sudah bunda/ibu siapkan sesuai selera mau jadi berapa bagian, selanjutnya ikan itu lumuri dengan ½ sendok teh garam bersama kunyit cincang. Diamkan dulu selama ± 10 menitan. Setelah didiamkan sebentar proses berikutnya goreng ikan sampai matang keseluruhan dengan tampak berwarna kecoklatan, lalu tiriskan dulu sebentar.
  2. Kedua, tumis potongan bawang merah sampai berwarna kekuning-kuningan, kemudian anda bisa masukkan bumbu yang sudah dihaluskan, juga batang serai, jangan lupa masukkan juga cabai merahnya sampai terlihat layu. Selanjutnya bunda bisa masukkan santan cair, juga asam gelugur, masukka juga garam, dan terakhir kecombrang atau bunga kincung, lakukan masak sampai mendidih rata.
  3. Tahap ketiga, masukkan ikan dan juga belimbing sayur kedalam masakan, proses masak masakannya hingga terlihat kuahnya mengental dulu baru kemudian bisa diangkat.
  4. Jika sudah matang, segera hidangkan dan nikmati gulai lamak manis spesial asli Sumatera. Bisa tambahkan kerupuk dan sambal untuk pelengkap meja makan anda. Selamat mencoba ya… hmmm yummmyyy!


Gimana bunda di rumah, mudah dan sederhana saja kan membuat gulai lamak manis khas daerah Sumatera-nya. Buat yang belum mencoba memasaknya, jangan ragu lagi yuukk coba sekarang juga, kalau tidak sekarang kapan lagi bundaaa, hihhiihi. Trimakasih banyak buat anda yang sudah sudi mampir ke artikel ini, semoga kami bisa selalu memberikan informasi resep masakan nusantara lainnya yang bercitarasa tinggi dan enak.

0 Response to "Resep Mudah Dan Sederhana Cara Membuat Gulai Lamak Manis Ikan Ekor kuning Enak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel