Resep Mudah Dan Sederhana Cara Membuat Gulai Ikan Enak Dan Nikmat Rasa Khas Sumatera

Mr Kuliner – Cara membuat gulai ikan enak dan nikmat. Halohaa bunda seduniaaaa (boleh kali lebayy dikit’z, hehhee..). Sudah lama nih gak nulis resep masakan kuliner khas nusantara. Setelah sekian lama bertapa alias sibuk dikit’zz kali ini kami akan memberikan resep spesial mengolah ikan laut menjadi menu masakan sea food yang ber citarasa tinggi, yaitu gulai ikan enak khas daerah Sumatera.

Kita semua tahu jika masakan asli Sumatera sangat enak dan nikmat sampai-sampai lidah kita tidak bisa melupakan rasa enaknya. Ada begitu banyak jenis masakan dari Provinsi Sumatera, seperti rendang, gulai balado, soto padang, dan masih banyak sekali jenisnya yang gak mungkin kami sebutkan satu per satu. Beruntung deh kali ini kami akan menjabarkan rahasia memasak mudah gulai ikan yang tentunya juga berasal dari Sumatera.

Adapun bahan-bahan yang anda butuhkan cukup mudah, yaitu siapkan ikan kakap atau ikan kembung atau ikan tongkol, santan, daun kemangi dan bumbu rempah-rempah seperti bawang merah, cabai merah yang nantinya dihaluskan ya… Ketahuilah bunda, mengapa kuliner nusantara enak dan memiliki citarasa yang khas, itu lantaran menggunakan rempah-rempah asli Indonesia yang masih kaya dan terjaga kealamiannya. Anda tidak perlu kawatir karena mudah sekali mendapatkannya di pasar2 langganan anda.

Cara membuat gulai ikan juga sederhana koq, jadi anda jangan takut sebelum mencoba karena resep masakan ini bisa menjadi alternatif untuk melengkapi meja makan anda. Dan untuk bunda di rumah yang gemar memasak akan lebih disayang suami dan anak2 lhooo. Daripada cuma penasaran donag, yuk kita langung aja masak gulai ikan asli Sumatera berikut ini.

mrkuliner.blogspot.com - resep gulai ikan,cara membuat gulai ikan,cara memasak gulai ikan,bahan gulai ikan,bumbu gulai ikan,masakan asli indonesia,menu masakan tradisional,masakan sederhana, gulai ikan enak,masakan khas sumatera,kuliner khas nusantara, gulai ikan nikmat, gulai ikan kuah santan, gulai ikan pedas

Bahan-bahan untuk memasak gulai ikan:


  • 500 gram ikan kakap/tongkol/kembung
  • Kalau ada siapkan 2 buah bunga  kecombrang, kemudian belah menjadi 2-4 bagian
  • 1   batang serai, yang sudah dimemarkan
  • 30 gram daun kemangi segar
  • 1   liter santan dari 1 butir kelapa
  • 1-2 sendok makan air atau 1-2 potong asam gelugur
  • 2-3 lembar daun mangkokan, iris kasar
  • garam secukupnya menurut selera    
  • asam

Bumbu gulai ikan (dihaluskan ya):


  • 6    buah bawang merah
  • ½    sendok makan lengkuas
  • 75-100 gram cabai merah
  • 1-2 sdt jahe, yang sudah di cincang

1-2 sendok teh kunyit, yang sudah di cincang

Cara membuat gulai ikan khas Sumatera:

  1. Pertama-tama anda bersihkan dulu sisik ikan pada bagian kulit ikan kakap/tongkol/kembung sampai bersih, kemudian bunag aja sirip dan juga insang. Kemudian potong-potong menjadi 2-3 bagian yang tentunya tergantung dari besarnya ikan yang anda siapkan. Selanjutnya cuci ikan tersebut dan diamkan tiriskan.
  2. Tahap ke-2 adalah didihkan santan, bumbu yang sudah dihaluskan, lalu masukkan juga daun mangkokan, asam gelugur serai, bunga kecombrang dan garam secukupnya (masukkan sedikit-sedikait agar tidak keasinan).
  3. Terakhir yaitu tahap ke-3 adalah masukan ikan yang sudah dipotong tadi bersama dengan daun kemangi, lalu masak sampai seluruhnya matang merata sambil sekali kali diaduk supaya kuah santannya tidak pecah.

Catatan: Untuk bunda dirumah, selain ikan anda bisa juga menggunakan udang / cumi-cumi. Namun bila memakai cumi2, sesudah cumi-cumi di potong-potong, campur dengan bumbu dan juga serai, kemudian taruh di atas wajan penggorengan, jerangkan(masak tanpa minyak) di atas wajan penggorengan yang ditutup, sampai air yang terdapat pada cumi-cumi habis semuanya. Baru kemudian masukan bahan-bahan lainnya, nah kalau sist suka bisa beri petai utuh yang sudah di kupas kulitnya.

Bagaimana bro, sist dan bunda semuanya, mudah kan membuat kuliner gulai ikan enak asli Sumatera. Masakan tradisional ini kini sangat terkenal dan sudah memiliki penggemar yang tersebar di seluruh kawasan Indonesia bahkan manca negara sekalipun. Nah selamat mencoba ya bagi yang belum mencoba memasaknya. Terima kasih bingit buat anda yang sudah mampir ke blog kami, semoga bermanfaat ya, dan bagikan ke sahabat, kerabat anda tentang resep kami lainnya. 

1 Response to "Resep Mudah Dan Sederhana Cara Membuat Gulai Ikan Enak Dan Nikmat Rasa Khas Sumatera"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel