Resep Kue Kuping Gajah Coklat

Mr Kuliner – Kue kuping gajah adalah salah satu kue tradisional yang asli berasal dari negara kita Indonesia. Kue ini mempunyai bentuk yang unik, rasanya yang manis, renyah, dan enak. Keunikan bentuk dari kue ini yaitu bermotif dan tipis yang menyerupai kuping gajah.

Untuk mendapatkan kue kering ini tidaklah sulit, anda bisa mencarinya di pasar-pasar tradisional atau di toko-toko kue. Dengan beraneka macam rasa, mulai dari rasa coklat, mocca, vanila, dan pandan. Kue kuping gajah ini tidak kalah enaknya dengan choco crunch tiara yang enak.

Namun, sekarang kue kuping gajah ini jarang dijumpai, karena proses pembuatannya yang bisa dibilang cukup rumit. Padahal teknik pembuatannya gampang dan bahan yang digunakan pun mudah didapat.

Kue kuping gajah ini bisa buntik sajikan saat santai bersama keluarga, atau bisa juga buntik sajikan kepada para tamu di hari-hari yang spesial, seperti acara syukuran, ataupun saat lebaran nanti. Bagi buntik yang mau mencoba membuat kue kuping gajah ini di rumah silahkan bisa di lihat resep cara membuat kue kuping gajah yang enak dan renyah berikut ini.
Mr Kuliner - Resep Kue Kuping Gajah Coklat Enak
Resep Kue Kuping Gajah Coklat Enak
  • Bahan-bahan :

300 gr tepung terigu, ayak
75 ml santan kental, masak, dinginkan
75 gr gula bubuk
1,5 sdm coklat bubuk
1 butir telur ayam
2 sdm margarin
1/4 sdt vanili bubuk
1/2 sdt garam
Minyak goreng, secukupnya


  • Cara membuat kue kuping gajah enak renyah :
Campur tepung terigu, gula, vanili, garam, dan margarin. Aduk rata. Kemudian tambahkan telur. Sambil diaduk, tuang santan sedikit demi sedikit sampai adonan tidak lengket.

Ambil sebagian adonan. Tambahkan coklat bubuk. Aduk rata. Giling adonan berwarna coklat hingga ketebalan 2 mm. Giling juga adonan yang berwarna putih dengan ketebalan sama.

Letakkan adonan berwarna putih di atas adonan berwarna coklat. Lalu gulung kedua adonan sambil dipadatkan. Kemudian bekukan adonan dalam frezer selama 2 jam.

Kalau sudah beku, keluarkan adonan dari frezer. Iris tipis adonan setebal 1 mm.
Panaskan minyak goreng. Kemudian goreng adonan yang sudah di iris tipis hingga berwarna kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan. Sajikan.

Hemm,, kini kue lebaran yang enak dan renyah ini sudah bisa buntik sajikan untuk lebaran nanti. Itulah seikit berbagi resep kue kering yaitu resep cara membuat kue kuping gajah yang enak dan renyah. Terima kasih sudah berkunjung, semoga bermanfaat.

2 Responses to "Resep Kue Kuping Gajah Coklat"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel